Soal Ulangan Harian IPS Materi Perkembangan WIlayah Indonesia

 on Monday, March 21, 2016  

Belajar dan Pelajaran - Soal Ulangan Harian IPS Materi Perkembangan WIlayah Indonesia - Berikut ini contoh soal ulangan harian mata pelajaran IPS Kelas 6 SD materi Perkembangan WIlayah Indonesia yang dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Soal:
  1. Sebutkan nama-nama provinsi di Indonesia pada awal proklamasi kemerdekaan!
  2. Kapan Timor Timur bergabung dengan NKRI?
  3. Apa yang dimaksud dengan pemekaran wilayah?
  4. Kapan Deklarasi Djoeanda diumumkan?
  5. Apakah yang dimaksud dengan Zona laut Teritorial?
  6. Berapa jarak landas kontinen laut?
  7. Apa yang dimaksud dengan ZEE?
  8. Sebutkan upaya yang dilakukan untuk melestarikan sumber daya laut!
  9. Sebutkan beberapa provinsi baru yang terdapat di Indonesia!
  10. Sebutkan dasar bahwa luas wilayah laut Indonesia bertambah!

Jawaban:
  1. Pada awal proklamasi kemerdekaan, yaitu tahun 1945 jumlah provinsi di Indonesia ada delapan, yaitu Provinsi Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Sunda Kecil (Nusa Tenggara), dan Maluku. Hingga tahun 2007 ada 33 provinsi di Indonesia.
  2. Timor Timur berintegrasi atau bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tanggal 17 Juli 1976. Akan tetapi, pada tanggal 19 Oktober 1999 melepaskan diri dari Indonesia.
  3. Pemekaran wilayah adalah pemisahan suatu wilayah dari wilayah lain sehingga menjadi wilayah baru.
  4. Deklarasi Djoeanda diumumkan pada tanggal 13 Desember 1957.
  5. Zona laut teritorial adalah garis khayal yang berjarak 12 mil laut dari garis dasar ke laut lepas. Garis dasar adalah garis khayal yang menghubungkan titik-titik dari ujung-ujung pulau.
  6. Landas kontinen diukur dari garis dasar, yaitu paling jauh 200 mil laut.
  7. Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah jalur laut selebar 200 mil laut ke arah laut terbuka diukur dari garis dasar.
  8. Beberapa upaya yang dilakukan untuk melestarikan sumber daya laut sebagai berikut: a. Tidak membuang sampah ke laut. b. Tidak membuang limbah industri di laut. c. Melarang penggunaan pukat harimau. d. Melarang penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan. e. Melindungi terumbu karang sebagai tempat perkembangbiakan ikan. f. Menanam hutan bakau.
  9. Wilayah Indonesia mengalami perkembangan dari masa ke masa. Perkembangan yang tampak nyata antara lain penambahan jumlah provinsinya. Pada awal kemerdekaan hanya terdapat delapan provinsi, tetapi kini ada 33 provinsi. Di Indonesia terdapat beberapa provinsi baru. Provinsi-provinsi baru tersebut antara lain Maluku Utara, Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Papua Barat, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Barat.
  10. Luas wilayah laut Indonesia bertambah seiring dengan adanya Konvensi Hukum Laut PBB tahun 1982. Kita harus menjaga keutuhan wilayah Indonesia. Dengan mengenal berbagai wilayah di Indonesia akan meningkatkan rasa nasionalisme kita. Dengan demikian, Negara Kesatuan Republik Indonesia bisa kita pertahankan.
Soal Ulangan Harian IPS Materi Perkembangan WIlayah Indonesia 4.5 5 Unknown Monday, March 21, 2016 Belajar dan Pelajaran - Soal Ulangan Harian IPS Materi Perkembangan WIlayah Indonesia - Berikut ini contoh soal ulangan harian mata pelajar...


No comments:

Post a Comment