Mengapa Cina Dijuluki Negeri Tirai Bambu?

 on Monday, March 28, 2016  

Belajar dan Pelajaran - Mengapa Cina Dijuluki Negeri Tirai Bambu? - Republik Rakyat Tiongkok disingkat RRT atau Tiongkok adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribukota di Beijing. Juga disebut Republik Rakyat Cina/RRC sejak 28 Juni 1967 hingga 14 Maret 2014. Cina memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, yaitu sekitar 1,35 milyar jiwa dan luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi, menjadikannya negara ke-4 terbesar di dunia.

China merupakan negara yang memiliki sebutan Negeri Tirai Bambu, karena kono katanya salah satu penyebabnya adalah karena Cina banyak ditumbuhi tanaman bambu.

Cina memiliki wilayah terluas ketiga di dunia setelah Rusia dan Kanada. Perkembangan industri Cina sangat pesat. Barang-barang industri Cina terkenal murah harganya.

RRT menguasai sebagian besar Asia bagian timur (dalam warna peach/krem muda) sementara Republik Tiongkok terdiri dari beberapa pulau-pulau berarsir kuning termasuk Taiwan.

Mengapa Cina Dijuluki Negeri Tirai Bambu?

Berikut ini profil Negara Cina:
Ibu kota: Beijing
Letak : 19°LU–52°LU dan 74°BT–132°BT
Luas : 9.596.961 km2
Batas-batas wilayah negara Cina adalah: a) Sebelah utara : Siberia (Republik Rusia) dan Mongolia, b) Sebelah timur : Laut Cina Timur, Laut Kuning, dan Korea Utara, c) Sebelah selatan : Laut Cina Selatan, Vietnam, Laos, Myanmar, India, Nepal, dan Bhutan, dan d) Sebelah barat : Laut Cina Bhutan, Kashmir, Tajikistan, Kirgistan, dan Kazakhstan.

Bentang Alam Cina

Sebagian besar wilayah Cina adalah pegunungan, dataran tinggi, dan gurun pasir. Dataran rendahnya relatif sempit.

Bagian Timur dan Timur Laut

Daerah di bagian timur dan timur laut sangat subur. Daerah ini dialiri banyak sungai, seperti Sungai Huang Ho, Chang Jiang (Yang Tse), dan Xinjiang.

Dataran Tinggi Mongolia

Dataran ini berada di sisi tenggara Gurun Gobi dan berbatasan dengan Republik Mongolia. Daerah ini sangat kering.

Bagian Selatan dan Barat Daya

Daerah di bagian selatan dan barat daya berelief sangat kasar karena banyak pegunungan. Pegunungan yang ada antara lain Pegunungan Himalaya, Kunlun, Altintagh Tanghla, Dungbare, dan Bayangkara.

Bagian Barat Laut

Di bagian ini berupa Lembah Xinjiang. Di dalamnya terdapat Lembah Tarim, gurun Taklamakan, Lembah Dzungare, dan stepa.

Iklim Nagara Cina

Wilayah Cina beriklim tropis, sedang, benua, dan gurun. Wilayah beriklim sedang memiliki musim panas, gugur, dingin, dan semi.

Kota-Kota Penting di negara Cina adalah sebagai berikut:
Beijing menjadi ibu kota Cina.
Kanton menjadi kota industri dan pelabuhan.
Shanghai menjadi kota pelabuhan, pusat industri, dan kota terbesar di Cina.
Shenyang menjadi kota industri dan pusat transportasi.
Wuhan menjadi kota industri dan perdagangan.

Penduduk Cina

Penduduk Cina adalah bangsa Mongoloid dan suku bangsa Han, Mongol, Tibet, Kazakh, dan Uigkaur.

Perekonomian Cina

Cina termasuk negara agraris. Penduduk Cina banyak bekerja di bidang pertanian, peternakan, pertambangan, industri, dan perdagangan.
Mengapa Cina Dijuluki Negeri Tirai Bambu? 4.5 5 Unknown Monday, March 28, 2016 Belajar dan Pelajaran - Mengapa Cina Dijuluki Negeri Tirai Bambu? - Republik Rakyat Tiongkok disingkat RRT atau Tiongkok adalah sebuah nega...


No comments:

Post a Comment