Apa Langkah Upaya Mengantisipasi Ancaman Bencana Tanah Longsor yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat?

 on Tuesday, April 19, 2016  

Belajar dan Pelajaran - Apa Langkah Upaya Mengantisipasi Ancaman Bencana Tanah Longsor yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat? - Tanah longsor adalah gerakan tanah dan bebatuan pada lereng sebuah gunung. Dampaknya sungguh luar biasa. Bayangkan apabila tanah di lereng itu melorot ke bawah! Bangunan dan permukiman penduduk akan tertimbun. Sarana transportasi, air minum, dan beragam fasilitas sosial akan rusak.

Tanah di lereng gunung bisa longsor karena adanya peningkatan kandungan air di perut gunung. Penyebab lain adalah pembangunan permukiman di lereng gunung dan pemotongan kaki lereng. Hal ini menyebabkan lereng tidak memiliki penahan atau penyangga.

Seiring meningkatnya curah hujan, beberapa daerah potensial terjadi tanah longsor. Ada beberapa langkah yang ditempuh oleh pemerintah:

Apa Langkah Upaya Mengantisipasi Ancaman Bencana Tanah Longsor yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat?
  1. Pemerintah telah memetakan gunung atau bukit yang rawan longsor. Warga di sekitarnya harus mengetahuinya.
  2. Pemerintah membuat peraturan yang melarang pembangunan permukiman tanpa memedulikan keselamatan lingkungan. Hal ini terutama dilakukan di kawasan yang rentan tanah longsor.
  3. Pemerintah menggalakkan penghijauan untuk mengantisipasi bencana tanah longsor.
  4. Pemerintah telah membangun beragam prasarana pengaman seperti tanggul, drainase, dan memindahkan penduduk yang berada di kawasan rawan longsor.

Masyarakat harus aktif menyelamatkan lingkungan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan masyarakat:
  1. Menjaga kelestarian lingkungan pegunungan. Misalnya dengan membuat terasering, menghijaukan bukit, dan memelihara saluran drainase.
  2. Masyarakat harus sadar untuk tidak membangun rumah secara sembarangan di perbukitan. Pembangunan rumah akan menyebabkan bukit kelebihan beban.
  3. Masyarakat harus menghentikan penambangan liar di kaki bukit. Penambangan akan berakibat fatal bagi masyarakat umum.
Apa Langkah Upaya Mengantisipasi Ancaman Bencana Tanah Longsor yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat? 4.5 5 Unknown Tuesday, April 19, 2016 Belajar dan Pelajaran - Apa Langkah Upaya Mengantisipasi Ancaman Bencana Tanah Longsor yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat? - Tanah lo...


No comments:

Post a Comment