Sebutkan Contoh Peristiwa Alam yang Tidak Merugikan Bagi Manusia!

 on Sunday, April 10, 2016  

Belajar dan Pelajaran - Sebutkan Contoh Peristiwa Alam yang Tidak Merugikan Bagi Manusia! - Peristiwa Alam yang Tidak Merugikan Manusia - Di wilayah Indonesia terjadi berbagai peristiwa alam. Peristiwa alam itu terjadi di lingkungan sekitar kita.

Berikut ini beberapa peristiwa alam yang sifatnya tidak membahayakan atau merugikan manusia.

1. Pergantian Musim

Indonesia mengalami dua kali pergantian musim, yaitu musim kemarau dan hujan. Musim kemarau di Indonesia terjadi akibat bertiupnya angin musim tenggara. Angin ini berasal dari Benua Australia yang kering.

Angin yang bertiup dari Benua Australia tidak banyak membawa uap air dari laut yang dilaluinya. Musim kemarau di Indonesia berlangsung pada bulan April-Oktober.

Musim hujan di Indonesia terjadi ketika bertiup angin musim barat laut. Angin ini banyak membawa
uap air dari Samudra Hindia. Musim hujan di Indonesia pada umumnya terjadi pada bulan Oktober-April. Meskipun demikian, bulan-bulan musim hujan maupun kemarau sering bergeser. Adakalanya musim kemarau lebih panjang dan pada tahun berikutnya musim hujan yang lebih panjang. Hal ini disebabkan perubahan suhu permukaan di lautan Pasifik.

Antara musim hujan dan kemarau, biasanya kondisi atmosfer tidak menentu. Kondisi ini disebut musim pancaroba. Pergantian musim terjadi sekitar bulan Oktober dan April. Musim pancaroba pada umumnya berlangsung satu hingga dua bulan.

Dengan dua musim yang dimiliki Indonesia, kita pantas bersyukur. Tantangan hidup yang kita hadapi jauh lebih ringan dibandingkan negara-negara yang mengalami empat musim. Kita tidak perlu menyiapkan pakaian tebal dan perbekalan untuk menghadapi musim dingin. Kita pun tidak perlu risau menghadapi musim panas yang menyengat.

Sebutkan Contoh Peristiwa Alam yang Tidak Merugikan Bagi Manusia!

2. Terbentuknya Embun

Terbentuknya embun merupakan bagian dari peristiwa alam. Embun terbentuk ketika udara yang berada di dekat permukaan tanah menjadi dingin. Kelebihan uap air berubah menjadi embun di atas benda-benda di dekat tanah. Embun terbentuk dengan baik pada malam hari yang cerah. Embun juga
terbentuk dengan baik ketika kelembapan tinggi.

3. Terbentuknya Pelangi

Fenomena alam ini biasanya muncul setelah terjadi hujan. Bentuk pelangi sangat indah sehingga banyak menjadi inspirasi terciptanya beragam cerita.

Apabila dilihat dari segi ilmu, pembentukan pelangi sangat sederhana. Pelangi hanya merupakan pembiasan cahaya.

Ketika dibiaskan, cahaya akan berubah arah. Tetesan air hujan dapat membiaskan dan menyebarkan cahaya sehingga terbentuk pelangi.
Sebutkan Contoh Peristiwa Alam yang Tidak Merugikan Bagi Manusia! 4.5 5 Unknown Sunday, April 10, 2016 Belajar dan Pelajaran - Sebutkan Contoh Peristiwa Alam yang Tidak Merugikan Bagi Manusia! - Peristiwa Alam yang Tidak Merugikan Manusia - D...


No comments:

Post a Comment