Tindakan Apa Saja yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat Setelah Terjadi Bencana Alam?

 on Sunday, April 24, 2016  

Belajar dan Pelajaran - Tindakan Apa Saja yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat Setelah Terjadi Bencana Alam? - Tindakan Setelah Terjadi Bencana Alam - Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa alam. Bentuknya antara lain gempa bumi, gunung meletus, banjir, angin topan, tanah longsor, kebakaran hutan, atau kekeringan. Dampak bencana alam sangat mengancam kehidupan manusia, menyebabkan kerusakan lingkungan, dan berdampak sosial atau psikologis bagi masyarakat.

Bencana alam jelas membuat kita sedih dan menderita. Namun, kita tidak bisa berdiam diri dalam kesedihan. Kita harus segera bangkit dari
keterpurukan.

Ada beberapa langkah yang diambil oleh pemerintah dan masyarakat beberapa saat setelah terjadinya bencana alam.

Peran Pemerintah dalam Tanggap Darurat Bencana

Tanggap darurat bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera setelah terjadi bencana. Tujuannya untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan bencana. Pemerintah akan segera meneliti, menetapkan status bencana, dan melakukan evakuasi terhadap lokasi dan korban bencana.

Tindakan Apa Saja yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat Setelah Terjadi Bencana Alam?

Selain itu, pemerintah juga segera memenuhi kebutuhan dasar dan memperbaiki sarana vital. Untuk daerah-daerah bencana biasanya segera dikirim tenda dan beragam bentuk bantuan pangan serta pakaian. Fasilitas air minum dan kebersihan juga segera diadakan oleh pemerintah. Hal ini untuk menghilangkan keresahan sosial.

Setelah terjadinya bencana, pemerintah segera melakukan rekonstruksi fisik dan mental korban. Perbaikan dilakukan menyangkut prasarana umum. Aktivitas pemerintahan dan pendidikan di daerah bencana juga segera diaktifkan kembali. Sementara itu masyarakat diberi kemudahan dalam pelayanan kesehatan.

Pemerintah juga memberikan dana bantuan untuk rekonstruksi perumahan penduduk. Dana diambil dari anggaran penanggulangan bencana yang dimiliki pemerintah pusat dan daerah. Bantuan kepada masyarakat dikelompokkan berdasarkan tingkat kerusakan yang dialami warganya.

Peran Masyarakat dalam Tanggap Darurat Bencana

Masyarakat korban bencana biasanya menerapkan langkah-langkah darurat sendiri. Secara swadaya mereka mendirikan posko-posko, tenda darurat, atau dapur umum. Tanpa dikomando, para ibu menyediakan makanan untuk bersama. Masyarakat juga mengadakan penjagaan terhadap rumahrumah yang terkena bencana.

Beberapa saat setelah terjadi bencana, biasanya ada anggota masyarakat yang menjadi relawan. Relawan biasanya menyumbang dana, tenaga, atau menyediakan fasilitas umum. Tanpa disuruh atau dibayar para relawan dengan sekuat tenaga membantu korban bencana.

Salah satu dampak bencana adalah munculnya ikatan solidaritas masyarakat. Masyarakat di kota atau di desa bahu-membahu saling meringankan beban penderitaan. Semua merasa susah dan menderita. Tidak ada yang berpangku tangan. Bencana alam ternyata membawa hikmah terbentuknya kebersamaan.

Antisipasi bencana alam harus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Pemerintah bisa melakukan pemetaan daerah rawan, penyuluhan kepada masyarakat, dan membentuk lembaga penanggulangan bencana. Masyarakat harus mengenali daerah rawan, mengikuti penyuluhan, dan meningkatkan kewaspadaan.

Tanggap darurat bencana harus segera dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Pemerintah harus menetapkan status bencana, mengadakan evakuasi, dan segera mencukupi kebutuhan dasar masyarakat. Masyarakat harus segera melakukan tindakan penyelamatan, berkoordinasi dengan aparat, dan tetap menjaga ketenangan.

Setelah terjadinya bencana, pemerintah dan masyarakat harus segera melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi. Pemerintah harus memberikan bantuan, menyediakan beragam fasilitas, dan mengaktifkan sarana umum, pendidikan, serta pemerintahan. Masyarakat harus segera mengadakan gerakan kebersihan, mendata keluarga dan harta benda, serta menata kehidupan kembali.
Tindakan Apa Saja yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat Setelah Terjadi Bencana Alam? 4.5 5 Unknown Sunday, April 24, 2016 Belajar dan Pelajaran - Tindakan Apa Saja yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat Setelah Terjadi Bencana Alam? - Tindakan Setelah Terjadi...


No comments:

Post a Comment