Bagaimana Proses Mendunia pada Globalisasi Dapat Terjadi?

 on Sunday, April 24, 2016  

Belajar dan Pelajaran - Bagaimana Proses Mendunia pada Globalisasi Dapat Terjadi? - Apa yang ada dalam benak kita saat mendengar kata globalisasi? Kata tersebut sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Globalisasi disebut pula dengan istilah proses mendunia. Salah satu penyebab munculnya globalisasi adalah teknologi transportasi dan komunikasi yang semakin canggih.

Setiap orang saat ini dapat dengan mudah memperoleh segala informasi di seluruh dunia dengan menggunakan internet. Televisi ternyata juga memberi pengaruh pada cepatnya globalisasi menyebar. Dengan mudah kita bisa melihat film kartun hasil produksi Jepang. Kita juga dapat menonton pertandingan sepak bola dunia di luar negeri.

Globalisasi menyebabkan dunia menjadi semakin sempit. Semua peristiwa yang terjadi di seluruh penjuru dunia sekarang dapat kita ketahui. Hal ini ternyata membawa banyak perubahan dalam masyarakat.

Bagaimana Proses Mendunia pada Globalisasi Dapat Terjadi?

Apakah Globalisasi itu?

Berikut ini Pengertian Globalisasi:

Saat ini istilah globalisasi atau proses mendunia bukan hal yang asing bagi kita. Proses mendunia pasti akan dialami oleh semua negara.

Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Globalisasi merupakan proses bersatunya kegiatan bangsa-bangsa di dunia dalam sistem yang mendunia. Sistem yang mendunia ini dapat melintasi batas-batas negara.

Bagaimana proses mendunia tersebut dapat terjadi?

Proses mendunia didukung oleh kemajuan teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi. Hubungan antarmanusia menjadi lebih mudah. Contohnya setiap orang sekarang tidak perlu pergi ke Eropa untuk menyaksikan sepak bola Piala Eropa. Kita dapat menyaksikan siaran langsungnya dari televisi di rumah.

Demikian juga jika kita ingin berbicara dengan teman di luar negeri. Kita dapat menggunakan telepon tanpa harus jauh-jauh menemuinya. Dahulu orang berkomunikasi melalui telegram dan surat biasa yang memerlukan waktu lama. Sekarang kita dapat menggunakan internet yang lebih mudah dan cepat.

Globalisasi juga ditandai dengan munculnya perusahaan asing yang beroperasi di dalam negeri. Perusahaan tersebut dikenal dengan perusahaan multinasional.

Berikut ini contoh perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia:
  1. Freeport dari Amerika Serikat dan British Petroleum dari Inggris adalah contoh perusahaan asing yang bergerak di bidang perminyakan.
  2. Mc. Donalds dan Pizza Hut yang bergerak di bidang makanan cepat saji.
Sekarang kita tidak perlu ke luar negeri untuk makan piza atau membeli barang buatan luar negeri. Dunia yang dahulu tampak luas kini terlihat semakin sempit. Berkembangnya globalisasi sampai saat ini sangat didukung oleh kemajuan dan perkembangan teknologi dan informasi. Internet, televisi, telepon, dan sarana transportasi mempermudah globalisasi.
Bagaimana Proses Mendunia pada Globalisasi Dapat Terjadi? 4.5 5 Unknown Sunday, April 24, 2016 Belajar dan Pelajaran - Bagaimana Proses Mendunia pada Globalisasi Dapat Terjadi? - Apa yang ada dalam benak kita saat mendengar kata globa...


No comments:

Post a Comment