Sebutkan Tanda-Tanda Globalisasi!

 on Sunday, April 24, 2016  

Belajar dan Pelajaran - Sebutkan Tanda-Tanda Globalisasi! - Berkembangnya globalisasi sampai saat ini sangat didukung oleh kemajuan dan perkembangan teknologi dan informasi. Internet, televisi, telepon, dan sarana transportasi mempermudah globalisasi. Seperti apakah tanda-tanda globalisasi tersebut?

Berikut ini tanda-tanda globalisasi di dunia ini:

1. Batas Antarnegara Semakin Menipis

Di dunia ini terdapat lebih dari dua ratus negara. Tiap-tiap negara memiliki wilayah dan batas negara tertentu. Oleh karena pengaruh globalisasi, batas wilayah antarnegara menjadi hal yang tidak penting lagi. Setiap orang pada zaman sekarang bisa mendapatkan informasi di luar batas negaranya.

Perkembangan teknologi dan komunikasi menjadi penyebab hilangnya batas-batas negara tersebut. Sekarang orang dengan mudah dapat menghubungi kerabat atau temannya yang berada di negara lain dengan menggunakan telepon. Kita bahkan dengan mudah melihat kondisi suatu negara melalui media televisi. Tidak perlu jauh-jauh, kita bahkan tinggal duduk manis di depan televisi. Banyak informasi yang kita dapatkan, bahkan yang berada jauh dari negara tempat tinggal kita.

Sebutkan Tanda-Tanda Globalisasi!

Ditambah lagi adanya internet yang menyebabkan beragam informasi dapat diterima oleh siapa pun dengan mudah. Perkembangan yang terjadi di sebuah negara dengan cepat akan diikuti oleh negara lain.

2. Informasi Mudah Menyebar

Proses mendunia memungkinkan penyebaran informasi menjadi lebih mudah dan cepat. Berbagai peristiwa sekecil apa pun sekarang dapat diterima di semua tempat dan oleh semua orang. Penindasan, peperangan, perkembangan ekonomi, penemuan teknologi baru, bahkan pertunjukan musik pun dapat langsung disaksikan di seluruh dunia.

Berbagai kemudahan tersebut ternyata tidak hanya dalam hal informasi. Kebebasan untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat semakin mudah.

Globalisasi memudahkan setiap negara dan setiap orang menunjukkan diri pada seluruh dunia. Prestasi yang dimiliki seseorang dapat dengan mudah disebarluaskan di seluruh penjuru dunia. Media yang digunakan antara lain internet dan televisi.

3. Kegiatan Perdagangan Semakin Luas

Kegiatan perdagangan terus berkembang akibat pengaruh globalisasi di bidang ekonomi. Kegiatan ekonomi dan perdagangan di dunia menjadi semakin terbuka melintasi batas-batas wilayah sebuah negara.

Perhatikan barang-barang yang kita pakai sekarang ini! Pensil yang ballpoint pegang mungkin diproduksi oleh negara Cina. Televisi dan radio di rumah mungkin diproduksi oleh negara Jepang atau Korea. Bahkan, sekarang kita dengan mudah dapat menjumpai restoran cepat saji milik perusahaan asing seperi Mc Donalds, Dunkin Donuts, dan Pizza Hut. Kita semakin mudah menjumpai barang-barang yang diproduksi negara lain di pasar dalam negeri.

Tidak hanya itu, kegiatan ekonomi sekarang ini juga menyangkut masalah perpindahan tenaga kerja. Pada era global tenaga kerja dapat memilih bekerja di negara mana pun sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Kita pun nanti mempunyai kesempatan bekerja di luar negeri.
Sebutkan Tanda-Tanda Globalisasi! 4.5 5 Unknown Sunday, April 24, 2016 Belajar dan Pelajaran - Sebutkan Tanda-Tanda Globalisasi! - Berkembangnya globalisasi sampai saat ini sangat didukung oleh kemajuan dan per...


No comments:

Post a Comment