Sebutkan Bukti Adanya Pengaruh Globalisasi yang Ada di Sekitar Kita!

 on Sunday, April 24, 2016  

Belajar dan Pelajaran - Sebutkan Bukti Adanya Pengaruh Globalisasi yang Ada di Sekitar Kita! - Amatilah kehidupan masyarakat di sekitarmu! Kita dengan mudah dapat menemukan bukti-bukti adanya pengaruh globalisasi di sekitar kita. Globalisasi tidak dapat dipisahkan lagi dalam kehidupan masyarakat. Bukti-bukti globalisasi dapat kita jumpai dalam setiap aspek kehidupan secara nyata.

Bukti globalisasi paling mudah dapat kita jumpai dalam bidang telekomunikasi.

Televisi, radio, telepon, dan internet selalu mengalami perkembangan teknologi. Manusia dapat melakukan komunikasi tanpa batas. Televisi sekarang mampu menayangkan siaran secara langsung sebuah peristiwa yang terjadi. Peristiwa tersebut dapat terjadi di tempat yang jauh sekalipun. Setiap orang tinggal duduk di depan televisi dan menikmati tayangan televisi.

Kecanggihan teknologi telepon juga terus berkembang. Sekarang orang dengan mudah melakukan komunikasi dengan orang lain tanpa perlu jaringan kabel. Ada telepon seluler yang dapat digunakan untuk menghubungi orang yang berada di tempat yang jauh sekalipun. Bahkan dengan video call orang sekarang dapat melihat wajah orang yang diajak bicara secara langsung.

Globalisasi juga dapat kita temukan dengan semakin membanjirnya produk-produk luar negeri di pasar dalam negeri. Kita dapat dengan mudah menemukan mainan seperti boneka dan mobil-mobilan buatan negara Cina di toko-toko sekitar tempat tinggal kita. Kita tidak perlu jauh-jauh datang ke negara Cina untuk mendapatkan barang tersebut.

Sebutkan Bukti Adanya Pengaruh Globalisasi yang Ada di Sekitar Kita!

Bukti globalisasi juga dapat kita temukan dari pengaruh budaya luar negeri yang masuk ke Indonesia. Globalisasi mengubah pola hidup masyarakat dengan cepat. Budaya masyarakat cepat sekali berkembang. Misalnya cara orang berpakaian.

Model pakaian yang sekarang digunakan semua orang di dunia hampir sama. Masyarakat akan berusaha mengikuti mode pakaian yang terus berkembang.

Merek pakaian luar negeri dapat dengan mudah kita jumpai di toko-toko sekitar. Demikian juga dengan batik yang semakin disukai oleh masyarakat luar negeri.

Bagaimana dengan peran bangsa Indonesia dalam menghadapi globalisasi?

Indonesia sebagai negara berkembang masih perlu mempersiapkan diri menghadapi globalisasi. Jangan sampai bangsa Indonesia hanya menjadi korban globalisasi. Dalam menghadapi globalisasi bangsa Indonesia harus memiliki tenaga kerja yang berkualitas. Jumlah penduduk Indonesia yang besar menyebabkan murahnya upah tenaga kerja. Belum lagi jika harus bersaing dengan tenaga kerja asing yang lebih berkualitas. Persaingan kerja menjadi semakin ketat.

Proses mendunia juga membutuhkan tenaga-tenaga ahli. Merekalah yang diharapkan menjadi pelopor penggerak kemajuan. Akan tetapi, jumlah tenaga ahli di Indonesia masih kurang. Bahkan, Indonesia harus mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri. Upah yang diberikan tentunya juga lebih besar. Indonesia kaya sumber daya alam.

Sumber daya andalan Indonesia antara lain minyak bumi, batu bara, tembaga, dan hasil perkebunan. Sayangnya bangsa Indonesia belum dapat mengolahnya secara maksimal. Adanya globalisasi menyebabkan perusahaan asing dapat ikut mengeksploitasi sumber daya alam Indonesia. Keuntungan yang diperoleh pun harus dibagi dengan perusahaan asing.

Peran Indonesia dalam globalisasi masih kurang. Indonesia masih harus mempersiapkan diri menghadapi globalisasi. Saatnya Indonesia bangkit. Indonesia harus meningkatkan daya saingnya agar tidak semakin tertinggal pada era global.
Sebutkan Bukti Adanya Pengaruh Globalisasi yang Ada di Sekitar Kita! 4.5 5 Unknown Sunday, April 24, 2016 Belajar dan Pelajaran - Sebutkan Bukti Adanya Pengaruh Globalisasi yang Ada di Sekitar Kita! - Amatilah kehidupan masyarakat di sekitarmu! ...


No comments:

Post a Comment