Sebutkan Langkah yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat Mengantisipasi Ancaman Bencana Angin Topan!

 on Saturday, April 23, 2016  

Belajar dan Pelajaran - Sebutkan Langkah yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat Mengantisipasi Ancaman Bencana Angin Topan! - Angin topan atau angin puting beliung terjadi di Indonesia pada tahun 2007/2008.

Bagaimana ciri-ciri yang khas pada peristiwa angin topan?

Ciri khas angin ini adalah terjadinya pusaran angin secara mendadak dengan kecepatan 120 km/jam atau lebih.

Apa yang menyebabkan terjadinya angin topon?

Angin ini disebabkan adanya perbedaan tekanan cuaca. Bentuk angin ini seperti cerobong raksasa dengan daya hancur yang luar biasa.

Dampak angin puting beliung bisa merusakkan apa pun yang dilalui. Untuk mengantisipasi bencana angin puting beliung, pemerintah melakukan hal-hal berikut:

Sebutkan Langkah yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat Mengantisipasi Ancaman Bencana Angin Topan!

  1. Pemerintah secara berkala telah membuat prakiraan cuaca. Di dalamnya diberitakan kemungkinan datangnya badai atau angin topan. Ini penting untuk diketahui dan disadari masyarakat.
  2. Pemerintah menggunakan satelit atau radar untuk memantau arah angin. Hal ini selalu dilakukan untuk menjaga keselamatan penerbangan.
  3. Pemerintah mengadakan penyuluhan dan pelatihan untuk mengurangi dampak bencana angin topan atau puting beliung.

Bencana angin topan atau angin puting beliung memang mendadak. Namun, masyarakat bisa mengantisipasinya agar dampak kerusakannya bisa diperkecil. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan masyarakat:
  1. Membuat bangunan yang kuat dari sisi rancang bangun dan tahan terhadap tiupan atau pusaran angin. Hal ini penting untuk diketahui penduduk yang tinggal di jalur bertiupnya angin.
  2. Mengurangi penggunaan bahan-bahan yang mudah terbang dalam pembuatan rumah atau bangunan.
  3. Menggalakkan penghijauan untuk mengurangi dan meredam gaya angin.
Sebutkan Langkah yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat Mengantisipasi Ancaman Bencana Angin Topan! 4.5 5 Unknown Saturday, April 23, 2016 Belajar dan Pelajaran - Sebutkan Langkah yang Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat Mengantisipasi Ancaman Bencana Angin Topan! - Angin topan...


No comments:

Post a Comment