Bagaimana Cara Mengantisipasi Ancaman Bencana Kebakaran Hutan?

 on Sunday, April 24, 2016  

Belajar dan Pelajaran - Bagaimana Cara Mengantisipasi Ancaman Bencana Kebakaran Hutan? - Apa langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat dalam mengantisipasi bencana kebakaran hutan! - Indonesia kaya dengan hutan tropis. Hutan kita pun menyimpan kekayaan flora dan fauna yang luar biasa. Hutan kita pun diakui sebagai paru-paru dunia. Namun, kesalahan kita dalam mengelola hutan menyebabkan bencana dan kerusakan lingkungan. Alam kita menjadi rusak parah.

Tumbuhan dan hewan langka kita musnah. Kayu yang berumur ratusan tahun menjadi abu. Tanah longsor dan banjir bandang pun mengancam setiap saat. Kebakaran hutan juga mengakibatkan bencana kabut asap di negara tetangga. Kebakaran hutan memang tidak hanya disebabkan ulah manusia. Ada yang disebabkan perubahan iklim sebagai dampak El Nino.

Namun, faktor manusia tampaknya tetap sebagai faktor utama rusaknya hutan kita. Misalnya dalam kasus pelanggaran hak pengusahaan hutan (illegal logging).

Bagaimana Cara Mengantisipasi Ancaman Bencana Kebakaran Hutan?

Ada beberapa langkah yang dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi kebakaran hutan:
  1. Pemerintah bekerja sama dengan PBB dan negara lain untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan. Penyelamatan hutan memang menjadi agenda bersama negara-negara di dunia. Hal ini disebabkan meningkatnya pemanasan global (global warming).
  2. Pemerintah melarang dan menerapkan sanksi yang keras bagi pelaku illegal logging. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat sadar terhadap bahaya yang akan muncul.
  3. Pemerintah melarang pembukaan hutan secara membabi buta tanpa memerhatikan aspek kelestarian lingkungan.
  4. Pemerintah memberikan penyuluhan dan pelatihan terhadap masyarakat di sekitar hutan tentang pentingnya kelestarian hutan. Hal ini penting mengingat penduduk di sekitar hutan sering membuka hutan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka biasa menerapkan ladang berpindah untuk mata pencahariannya.

Bagaimana Cara Mengantisipasi Ancaman Bencana Kebakaran Hutan?

Upaya dan langkah pemerintah itu tidak akan bermanfaat apabila masyarakat tidak menyadarinya. Langkah-langkah yang harus ditempuh masyarakat sebagai berikut:
  1. Menghentikan kebiasaan membuka hutan untuk dijadikan ladang. Hal ini penting karena saat membuka hutan biasanya penduduk membakar ranting, daun, dan dahan yang bisa menyebabkan kebakaran.
  2. Membiasakan hidup disiplin terutama saat berada di kawasan hutan. Misalnya segera mematikan api atau puntung rokok untuk menghindari kebakaran hutan.
  3. Meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kelestarian hutan. Hutan tidak hanya milik kita, tetapi juga bagi anak cucu kita.
Bagaimana Cara Mengantisipasi Ancaman Bencana Kebakaran Hutan? 4.5 5 Unknown Sunday, April 24, 2016 Belajar dan Pelajaran - Bagaimana Cara Mengantisipasi Ancaman Bencana Kebakaran Hutan? - Apa langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah...


No comments:

Post a Comment